Saturday, September 22, 2018

Prosedur Memperoleh Informasi

 

 

Ilustrasi

 

 
 


Prosedur Biasa

Prosedur Biasa digunakan dalam hal :

1  

Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik

2

Informasi yang diminta bervolume besar;

3

Informasi yang diminta belum tersedia; atau

4

Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik atau informasi yang secara tegas dinyatakan sebagai informasi yang rahasia sehingga harus mendapat ijin dan diputuskan oleh PPID

 

Urutan Pelayanan Informasi Prosedur Biasa:

1

Pemohon mengisi Formulir Permohonan Informasi yang disediakan Pengadilan dan memberikan salinannya kepada Pemohon

2

Petugas Informasi mengisi Register Permohonan

3

Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait, apabila informasi yang  diminta tidak termasuk informasi yang aksesnya membutuhkan ijin dari PPID.

4

Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada PPID apabila informasi yang diminta termasuk informasi yang aksesnya  membutuhkan ijin dari PPID guna dilakukan uji konsekuensi.

5

PPID melakukan uji konsekuensi berdasarkan Pasal 17 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik terhadap permohonan yang disampaikan.

6

Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID  menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Petugas Informasi, dalam hal  permohonan ditolak

7

Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID  meminta Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait untuk mencari  dan memperkirakan biaya penggandaan dan waktu yang diperlukan untuk  mengandakan informasi yang diminta dan menuliskannya dalam  Pemberitahuan Tertulis PPID Model B dalam waktu selama-lamanya 3 (tiga)  hari kerja serta menyerahkannya kembali kepada PPID untuk ditandatangani,  dalam hal permohonan diterima

8

Petugas Informasi menyampaikan Pemberitahuan Tertulis sebagaimana  dimaksud butir 6 atau butir 7 kepada Pemohon Informasi selambat-lambatnya  dalam waktu 1 (satu) hari kerja sejak pemberitahuan diterima.

9

 Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin  melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk  menggandakan atau tidak informasi tersebut.

10

Dalam hal Pemohon memutuskan untuk memperoleh fotokopi informasi  tersebut, Pemohon membayar biaya perolehan informasi kepada Petugas  Informasi dan Petugas Informasi memberikan tanda terima

11

Dalam hal informasi yang diminta tersedia dalam dokumen elektronik (softcopy),  Petugas Informasi pada hari yang sama mengirimkan informasi tersebut ke  email Pemohon atau menyimpan informasi tersebut ke alat penyimpanan  dokumen elektronik yang disediakan oleh Pemohon tanpa memungut biaya.

12

Petugas Informasi menggandakan (fotokopi) informasi yang diminta dan  memberikan informasi tersebut kepada Pemohon sesuai dengan waktu yang  termuat dalam Pemberitahuan Tertulis atau selambat-lambatnya dalam jangka  waktu 2 (dua) hari kerja sejak Pemohon membayar biaya perolehan informasi.

13

Pengadilan dapat memperpanjang waktu sebagaimana dimaksud butir 12  selama 1 (satu) hari kerja apabila diperlukan proses pengaburan informasi dan  selama 3 (tiga) hari kerja jika informasi yang diminta bervolume besar.

14

Untuk pengadilan di wilayah tertentu yang memiliki keterbatasan untuk  mengakses sarana fotokopi, jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam butir  dapat diperpanjang selama paling lama 3 (tiga) hari kerja.

15

Setelah memberikan fotokopi informasi, Petugas Informasi meminta Pemohon  menandatangani kolom penerimaan informasi dalam Register Permohonan.

 

Prosedur Khusus

Prosedur Khusus digunakan dalam hal permohonan diajukan secara langsung dan informasi yang diminta:

Termasuk dalam kategori yang wajib diumumkan;

2

Termasuk dalam kategori informasi yang dapat diakses publik dan sudah tercatat dalam Daftar Informasi Publik dan sudah tersedia (misal: sudah diketik atau sudah diterima dari pihak atau pengadilan lain);

3

Tidak bervolume besar (jumlahnya tidak banyak); dan/atau

4

Perkiraan jumlah biaya penggandaan dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaan dapat dilakukan dengan mudah.

 

Urutan Pelayanan Informasi Prosedur Khusus:

Pemohon mengisi formulir permohonan yang disediakan Pengadilan

2

Petugas Informasi mengisi Register Permohonan

3

Petugas Informasi dibantu Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait mencari informasi yang diminta oleh Pemohon dan memperkirakan biaya perolehan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk pengandaannya.

4

Apabila informasi yang diminta telah tersedia dan tidak memerlukan ijin PPID, Petugas Informasi menuliskan keterangan mengenai perkiraan biaya perolehan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaannya dalam formulir permohonan yang telah diisi Pemohon

5

Proses untuk pembayaran, penyalinan dan penyerahan salinan informasi kepada Pemohon dalam Prosedur Khusus, sama dengan yang diatur untuk Prosedur Biasa dalam butir 10 sampai dengan butir 15.

6

Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk menggandakan atau tidak informasi tersebut.

Pengajuan Keberatan

PROSEDUR KEBERATAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI


 

Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan sebagai berikut:

a. Adanya penolakan atas permohonan informasi;

b. Tidak disediakannya informasi yang wajib diumumkan secara berkala

c. Tidak ditanggapinya permohonan informasi;

d. Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;

e. Tidak dipenuhinya permohonan informasi;

f. Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau

g. Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman .

 

Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya.